Kamis, 27 Maret 2014

Tugas & Tanggung Jawab Ortu

"+"



TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP ANAK
DALAM KONTEKS AJARAN ISLAM


  
Dalam   ajaran   Islam   diatur   bagaimana   hubungan   antara  orang tua dan anak serta hak dan kewajiban masing-masing. Orang tua harus mengikat hubungan yang   harmonis   dan   penuh   kasih   sayang   dengan anak-anaknya. Sabda   Rasulullah   SAW:   Artinya: "Tuhan   merahmati   seseorang   yang   membantu   anaknya   dalam berbakti   kepadanya".   (HR   Ahmad).[1]  
Di samping   itu   orang   tua   berkewajiban   pula   memenuhi   kebutuhan   anak-anaknya, baik   kebutuhan   pisik   dan   materil   maupun   kebutuhan mental   dan   spritual.   Kebutuhan   pisik   dan   materiil   yang   haruss   dipenuhi   adalah   makanan,   pakaian,   perumahan   dan   menjaga jasmaninya   dari   segala   bahaya   yang mengancam.  Kebutuhan   mental   dan   spritual   yang   harus   dipenuhi   adalah   berupa   ilmu-ilmu   yang   berguna   baginya   baik   ilmu   agama   maupun   ilmu   umum   sehingga   dengan   ilmu   yang   dimilikinya   itu   nantinya   diharapkan   ia   menjadi   manusia   yang   sempurna   berilmu   dan   beragama,   beramal   dan   beribadat   serta   dapat   hidup   dengan   baik   di   tengah-tengah   masyarakat.   Mental   dan   spritual   ini   pembinaannya   harus   dimulai   semenjak   bayi   masih   dalam   kandungan   (pendidikan   pranatal)   kemudian   dilanjutkan   pada   masa   kanak-kanak,   dan   seterusnya   pada   masa   remaja.   Bagi   orang   tua   harus   diingat   bahwa   pembinaan   mental   spritual   ini   harus   dilaksanakan   dengan   seimbang, atau   dengan   kata   lain,   bahwa   otaknya   harus   diisi   dengan   ilmu-ilmu   yang   berguna   bagi   kehidupan   dunia   (iptek)   sedangkan   hatinya   harus   pula   diisi   dengan   keimanan   dan   takwa   (imtak)   yang   berguna   baginya   untuk   memupuk   kehidupan   dunia   dan   akhirat   kelak. 
Hendaknya orang tua memberikan kasih sayang dan kecintaan kepada anak mereka, dan tidak mengarahkan pukulan batin kepadanya. Misalnya salah seorang dari mereka membentak anak di hadapan umum, sementara anaknya itu masih berumur empat atau lima tahun, atau menyindirnya, khususnya di depan orang lain ke arah perendahan dan penghinaan. Kata-kata yang kasar dan melukai perasaan serta menghina, akan berubah menjadi tikaman yang tertanam pada jiwa anak, sehingga menyakitinya dan menyebabkan kepedihan dan gangguan-gangguan padanya.[2]
Orang   tua   adalah   orang   yang   paling   berjasa   dalam   kehidupan   anak-anaknya.   Oleh   sebab   itu   sudah   sewajarnya   anak-anak   harus   menjalin   hubungan   kasih   sayang   dengan   orang   tuanya   serta   berbakti   kepadanya.   Allah   memerintahkan   agar   anak-anak   selalu   berbakti   kepada   orang   tuanya.   Firman   Allah   SWT:
Artinya:  "Hendaklah   kamu   menyembah   Allah   dan   jangan   perserikatkan   dengan   orang   lain,   dan   kepada   kedua   orang   tuamu   hendaklah   berbuat   baik   (Q.S.al-Nisa:   26).[3]  

Berbakti   kepada   orang   tua   dapat   dilakukan   kapan   saja   sesuai   dengan   kemampuan,   dan   tidak   perlu   menunggu   kalau   sudah   dewasa,   atau   sudah   kaya   dan   sebagainya.   Cara   berbakti   kepada   kedua   ibu   bapak   adalah   sebagai   berikut:   1)   Selalu   berkata   dengan   lemah   lembut   dan   bersikap   sopan.   Sikap   yang   seperti   demikian   dapat   melegakan   hatinya, 2) Membantunya dalam   bekerja, ikut serta memecahkan  kesulitan   yang  dihadapinya dan menghiburnya dikala   mereka   sedang   susah. 3) Memeliharanya dan melindunginya sebagaimana mereka   melindungi   anak-anak sewaktu  kecil 4) Senantiasa mendoakannya   kepada   Allah   dengan   memohonkan   keselamatannya   dan   keampunan   dari   segala   kesalahannya.   Dalam   Al   Quran   Allah   SWT   berfirman: 
Artinya:   "Wahai   Tuhanku   kasihanilah   mereka   keduanya   sebagaimana   mereka   telah   mendidik   aku   sewaktu   aku   kecil'.   (Q.S   Al-lsra':   24)  

Di antara   kedua   orang   tua,   fungsi   ibu   mendapat   tempat   yang   pertama   di   lingkungan   keluarga.   Dalam   suatu   hadist   yang   diterima   dari   Abu   Hurairah   dan   diriwayatkan   oleh   Bukhari   dan   Muslim   sebagai   berikut:[4]
Artinya: “Seorang   sahabat   bertanya,   siapakah   yang   paling   berhak   aku   pergauli   dengan   baik?   Jawab   Rasulullah   "Ibumu”   kemudian   siapa?   "Ibumu"   Jawab   Rasulullah   lagi   "   Ibumu,   kemudian   siapa?   Jawab   Rasulullah   lagi   "Ibumu"   Dan   siapa   lagi?   Jawab   Rasulullah   "Bapakmu".(HR.Bukhari dan Muslim).

Di dalam sebuah riwayat dinyatakan, lelaki itu betanya: wahai Rasulullah siapakah orang yang paling berhak diperlakukan baik? Beliau SAW menjawab: ibumu, kemudian ibumu, kemudian ayahmu, kemudian orang yang dekat denganmu.    
Ibu   lebih   diutamakan   daripada   bapak, sebabnya   adalah   karena   kebahagiaan   pertama   bagi   seorang   anak   tergantung   kepada   ibu,   sebab   ibulah   yang   paling   banyak   dalam   mendidik   dan   membesarkan   anak-anaknya   jika   dibandingkan   dengan   ayah. Sehingga   sangat   tergantung   kepada   sikap   ibunya   dalam   mendidik   anaknya   sewaktu kecil.
Artinya:  "Wahai   manusia   Kami   jadikan   kamu   dari jenis   laki-laki dan   perempuan   dan   Kami   jadikan   pula   kamu   berbangsa-bangsa   dan   bersuku-suku   supaya   kamu   saling   kenal   mengenal,   sesungguhnya   yang   semulia   kamu   disisi   Allah   SWT adalah   orang yang   paling   taqwa   diantara   kamu".   (Q.S.   Al   Hujurat   :  13)  [5]

Sebagaimana kita ketahui bahwa  manusia adalah makhluk yang bermasyarakat. Hidup bermasyarakat merupakan naluri bagi manusia.   Seorang   individu   tidak   akan bisa   hidup   tanpa   masyarakat,   sedangkan   masyarakat   itu   sendiri   terdiri   dari   kumpulan-kumpulan  individu-individu.   Antara   individu-individu   dalam   masyarakat   selalu   terjadi   hubungan   timbal   balik   yang   bersifat   aktif   (interaksi).   Agar   hubungan   tersebut   dapat   berjalan   secara   baik   dan   harmonis   diperlukan   adanya   peraturan-peraturan   atau   norma-norma   yang   paling   tinggi   nilainya   adalah   norma-norma   agama.   Dalam   agama   Islam   diatur   begitu   rupa   bagaimana   caranya   seseorang  berhubungan   dengan   anggota   masyarakat   lainnya   sehingga   tercipta   kerukunan   dalam   pergaulan.   Cara-cara   tersebut   sebagai   berikut: 
 a.  Bersikap   ramah-tamah,   bermuka   manis   dan berkata   lemah   lembut   terhadap   tetangga   dan   masyarakat   lainnya.   Sifat   tersebut   adalah   sebagai   kunci   suksesnya   seseorang   dalam   pergaulan.   Sabda   Rasulullah   SAW:   "Engkau   tidak   akan   dapat   memuaskan   hati   manusia   dengan   harta   bendamu,   dari   itu   senangkanlah   mereka   dengan   muka   yang   manis   dan   budi   yang   baik. 
b  Selalu   menepati   janji   dan   memelihara   kepercayaan   orang   lain.   Firman      Allah   SWT:  


"Dan   hendaklah   kamu   menepati   janji,   karena   janji   itu   akan   ditanyai".   (At   Isra':   34):  [6]


c.  Menjauhkan rasa curiga   mencurigai   dan   purbasangka   yang   tidak   baik.   Sabda   Rasulullah   SAW;
Artinya :"Peliharalah   olehmu   dari   manusia   berburuk   sangka".   (HR  Ahmad   dan Baihaqi).[7]

d.   Bersikap   tolong   menolong   antara   sesama   anggota   masyarakat'   terutama  pada   saat-saat   diperlukan.   Firman   Allah   SWT:                                                                               
Artinya:   "Bertolong-tolonglah   kamu   terhadap   kebaikan   dan   taqwa,   dan   janganlah   kamu   bertohng-talongan   terhadap   dosa   dan   pemusuhan".   (Q.S al-   Maidah   :   2), 

e.  Selalu   bermusyawarah   dalam   memecahkan   masalah   yang   menyangkut   kepentingan   bersama.   Dan   dalam   bermusyawarah   itu   hendaklah   menghargai   pendapat   orang   lain   sekalipun   pendapat   itu   salah.   Dan   selalu   menerima   pendapat   yang   benar   walaupun   dari   siapa   datangnya. 
Firman Allah SWT:
Artinya: "Hendaklah   bermusyawarah   sesama   manusia   dalam   suatu   pekerjaan".   (Q,S   Alilmran:   159).[8] 

 f. Menjaga   persatuan   dan   kesatuan   serta   mencari   titik   persamaan   antara   anggota   masyarakat   dan   bergembira   atas   kebahagiaan   mereka   serta   berduka   cita   atas   kesedihan   mereka.      Jangan   mencari-cari   kesalahan,   memandang   enteng   serta   menjatuhkan   nama   baik   dan   kehormatan   orang   lain.  Memberi   nasihat   serta   menjaga   hubungan   silaturrahmi   antara   sesama   masyarakat,   dan   sekali-kali   jangan   memutuskannya. Demikianlah   syarat-syarat yang penting yang harus dilaksanakan   dalam   pergaulan.   Jika   cara-cara   ini   betul-betul   dilaksanakan   dan   dipraktekkan,   maka   hubungan   antara   sesama   anggota   masyarakat akan berjalan baik, dan dengan sendirinya ketenangan   dalam masyarakat   dapat   terwujud   dan   sekaligus   besar   pengaruhnya   terhadap   ketenangan,   dan   ketenteraman   bangsa   dan   negara.
Rumah   tangga   adalah   tempat   yang   mula-mula   dikenal   oleh   seorang  anak.   Di   rumah   tanggalah   ajaran   agama   dimulai   dan   diamalkan.   Pengamalan   agama   dalam   rumah   tangga   harus   dimulai   dari   diri   sendiri   (ibu   dan   bapak)   dan   kemudian   barulah   keluarga   yang   terdekat   dan   sesudah   itu   barulah   anggota   masyarakat   lainnya.   Di   rumah   tangga   mulailah   diletakkan   dasar-dasar pendidikan.   Anak   dibiasakan   patuh,   berbudi   luhur,   berdisiplin,   pandai   menempatkan   diri   sebagai   hamba   Allah   SWT   dan   pandai   bergaul   dengan   masyarakat.   Di   rumah   tangga   sudah   mulai   dilaksanakan   pendidikan   agama,   kebersihan,   kesehatan   dan   lain-lain   untuk   tahap   permulaan.   Sebagai   pendidik   utama   dalam   rumah   tangga   adalah   ibu   dan   bapak.   Ibu   dan   bapak   harus   menjadi   teladan   dalam   rumah   tangga   terhadap   anak-anaknya,   sebab   pengaruh   kepribadian   orang   tua   besar   sekali   terhadap   anak-anaknya.   Sabda   Rasulullah   SAW:    [9]
Artinya:  "Tidaklah   anak   itu   dilahirkan   kecuali   atas   fitrah   (potensi   dasar)   maka   terserahlah   pada   ayah   dan   ibunya   yang   menjadikan anaknya beragama Yahudi Nasrani ataupun Majusi.   (HRMuslim).

Setelah   keinginan   anak   untuk   belajar   mulai   tumbuh,   orang   tua   harus   memberikan   persiapan   yang   diperlukan   untuk   memasuki   masa   sekolah,   karena   biasanya   pada   masa   tahun   pertama   anak   berada   di sekolah ia akan menemui suasana baru yang sangat berbeda dengan suasana keluarganya.



[1] Al-Imam Abu Abdillah Ahmad Ibn Muhammad Ibn Hambal Asy-Syaibani al-Marwazi, Musnad Ahmad, Kairo: Tijariyah Kubra, tt, hlm. 187
[2] Husain Mazhahiri, Pintar Mendidik Anak, terj. Segaf Abdillah Assegaf & Miqdad Turkan, Jakarta: PT, Lentera Basritama Anggota IKAPI, 2003, hlm. 145-146
[3] Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Pentafsir al-Qur’an, op.cit, hlm. 450.
[4] al-Imam Abi Abdillah Zakariya Yahya Nawawi. Riyadus Shalihin, al Ijtimaiyah Beirut, Libanon, tth, hlm 163. 
[5] Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Pentafsir al-Qur’an, op. cit,  hlm 304.
[6] Ibid, hlm. 112
[7] Al-Imam Abu Abdillah Ahmad Ibn Muhammad Ibn Hambal Asy-Syaibani al-Marwazi, Musnad Ahmad, Kairo: Tijariyah Kubra, tt, hlm.340.
[8] Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Pentafsir al-Qur’an, op.cit ,hlm.161
[9] Al-Imam Abul Husain Muslim ibn al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi, Sahih Muslim, Jilid I, Tijariah Kubra, tt, hlm. 280




Tidak ada komentar:

Posting Komentar