Kamis, 27 Maret 2014

Bentuk Pendidikan Anak

"+"



Bentuk-Bentuk Pendidikan Anak

Dalam Ajaran Agama Islam




Pendidikan anak pada dasarnya adalah tanggung jawab orang tua. Oleh karena itu kedua orang tua harus menjadi mitra dalam mendidik anak.[1] Maka pendidikan yang harus diberikan kepada anak di antaranya:
1.      Pendidikan  Jasmani  dan  Kesehatan Bagi Anak-Anaknya
Keluarga mempunyai peranan penting untuk menolong pertumbuhan    anak-anaknya dari segi  jasmani, baik  aspek perkembangan ataupun aspek    perfungsian. Begitu juga  untuk menciptakan kesehatan jasmani yang baik    dan kewajaran jasmani yang sesuai. Begitu juga dalam hal memperoleh    pengetahuan, konsep-konsep, ketrampilan-ketrampilan,  kebiasaan-kebiasaan,    dan sikap  terhadap kesehatan yang harus dipunyai untuk mencapai  kesehatan jasmani  yang sesuai dengan  umur, menurut  kematangan, dan pengamatan mereka.  
Peranan keluarga dalam  menjaga  kesehatan anak-anaknya dapat    dilaksanakan sebelum bayi lahir. yaitu melalui pemeliharaan terhadap    kesehatan  ibu  dan  memberinya makanan yang baik  dan  sehat selama    mengandung, sebab itu berpengaruh   pada anak dalam kandungan.  Sehingga    apabila    bayi    telah    lahir    maka    tanggung jawab  keluarga    terhadap    kesehatan    anak    dan    ibunya    menjadi   berlipat    ganda.[2]
Dia dapat memperoleh banyak cara-cara dan jalan-jalan    perlindungan (protection), pengobatan,  dan pengembangan untuk menunaikan tanggung jawab ini. Di antara cara-cara   yang  dapat menolong untuk    mencapai tujuan-tujuan pendidikan jasmani dan kesehatan anak-anak    adalah memberi    peluang    yang    cukup    untuk    menikmati    susu    ibu,    jika kesehatan  ibu membolehkan  yang demikian. Sebab  pada  susu ibu,    terkandung    makanan    jasmani,    psikologikal    dan    spritual yang    tidak    terdapat    pada    susu    botol, walau  bagaimana  sekalipun  kandungan    dan    susunan    bahan-bahannya. Di antara  cara-cara ini juga adalah: menjaga    kesehatan dan kebersihan  jasmani dan pakaiannya dan melindunginya dari    serangan angin, panas, terjatuh, kebakaran, tenggelam; meminum bahan-bahan    berbahaya, dan  lain-lain sebagainya, Begitu juga dengan menyiapkan   makanan yang  cukup  yang mengandung unsur-unsur makanan  pokok dan  kalori yang  sesuai dengan tingkat umur anak-anak. Juga harus  diperhatlkan    adalah suntikan melawan penyakit-penyakit menular  seperti polio, difteria, campak, lumpuh anak-anak, batuk-batuk dan lain-lain lagi penyakit anak-anak    yang  telah ditemukan  oleh   penyelidikan kedokteran.[3]   
Juga harus diperhatikan adalah selalu mengadakan pemeriksaan    dokter terhadap berbagai alat-alat tubuh, dan memberi peluang untuk    bergerak. badan  dan  mengajanya  berbagai  kegiatan  dan permainan    yang berfaedah yang dapat menolong  pertumbuhan  dan menguatkan otot-otot,    dan   berbagai   anggota    tubuhnya,    juga    harus    diberi    peluang    untuk    istirahat  yang    diperlukan    untuk    kesehatan    dan    tidur    yang    cukup    bagi   jasmaninya. Juga harus diberi pengetahuan, konsep-konsep kesehatan    yang    baik    dengan    umurnya    dan    menolong    membentuk kebiasaan    dan    sikap    kesehatan    yang    baik    melalui    turut    menjalankan    dan    menjadi    tauladan    yang    baik    baginya.    Juga    harus    diberi contoh    yang    baik    dalam    kebersihan,    cara-cara    duduk,    makan, minum,    dan    membimbing dia  ke arah  pertumbuhan  kesehatan jasmani  yang    normal.[4]    Juga    harus    disiapkan    kediaman yang  sehat yang    cukup syarat-syarat kesehatannya  dan  selalu meneliti  penyakit yang diidapnya semenjak awal  pertumbuhan dan berusaha    mengobatinya.
   
  1.  Pendidikan Akal (Intelektual)
Walaupun pendidikan akal telah  dikelola oleh    institusi-institusi    yang    khusus,   semenjak dahulu, tetapi keluarga masih tetap  memegang    peranan    penting    dan    tidak    dapat    dibebaskan dari tanggung jawab ini. Bahkan ia memegang tanggung jawab besar sebelum anak-anaknya memasuki sekolah,  di antara tugas-tugas keluarga adalah untuk menolong anak-anaknya menemukan, membuka dan menumbuhkan kesedihan-kesedihan, bakat-bakat, minat dan kemampuan-kemampuan    akalnya    dan    memperoleh    kebiasaan-kebiasaan  dan  sikap  intelektual    yang sehat serta melatih  indera  kemampuan-kemampuan  akal  tersebut.
Di antara cara-cara yang dapat dilalui oleh keluarga untuk memainkan    peranannya dalam pendidikan  ini adalah:  mempersiapkan  rumah tangga    dengan segala macam  perangsang  intelektual dan budaya. Di antara    berbagai perangsang  ini adalah permainan-permainan dan pengajaran  yang    bertujuan  tumbuhnya minat melihat  gambar-gambar, buku-buku dan    majalah-majalah    yang    menyebabkan    anak-anak   gemar    menelaah    kandungan    buku-buku    dan   majalah-majalah serta    bersedia    untuk    membaca    sebelum    ia    belajar    membaca    dan    menulis.    Di  antara    cara-cara ini  juga adalah membiasakan anak-anak secara umum berfikir    logis    dalam    menyelesaikan    masalah-masalah    yang    mereka    hadapi dan  memberi contoh    yang  baik dan    praktikal    dalam  pemikiran    seperti    ini.    Juga membiasakan  mereka mengaitkan  akibat-akibat    dengan    sebab-sebabnya dan pendahuluan dengan    kesimpulannya. Begitu  juga dengan   membiasakan    berfikir  obyektif,   kejernihan dalam mengambil    keputusan, terus    terang    dalam perkataan  dan  jangan membelok dalam pemikiran,  harus praktikal dalam pemikiran dalam    hidup    mereka    dan lain-lain  lagi cara yang  dapat menolong    keluarga  dalam  mendidik anak-anaknya dari  segi intelektual sebelum    dan    sesudah masuk    sekolah.[5]
Sesudah    anak-anak    masuk    sekolah    tanggung jawab    keluarga dalam    pendidikan    intelektual    bertambah    luas. Sekarang menjadi kewajiban    keluarga    dalam    bidang    ini    adalah    menyiapkan    suasana yang  sesuai dan menggalakkan    untuk    belajar, mengulangi  pelajaran,    mengerjakan  tugas, mengikuti kemajuan sekolah, bekerja sama dengan    sekolah    untuk    menyelesaikan    masalah    pelajaran  yang    dihadapinya, menggalakkan    mereka    untuk    mengulangi pelajaran    dan    membimbing    mereka    cara    yang    paling    sesuai    untuk belajar    jika mereka faham    akan    hal    tersebut    Begitu  juga dengan memberi peluang untuk    memilih    jurusan  pada  pelajaran yang disukainya, menghormati    ilmu    pengetahuan  dan  orang-orang  berilmu, dan lain-lain sebagainya. 
Dalam    mengerjakan  ini semua  keluarga  Islam  bertitik  tolak dari    ayat-ayat a1-Qur-an, hadits-hadits Nabi  S.A.W. dan peninggalan-peninggalan  ulama salaf yang menekankan keutamaan akal,  ilmu, dan  ulama-ulama yang mengajak manusia merenung dan  berfikir pada  kekuasaan Allah  yang  luas.[6]      
Keluarga    Islam    sadar    bahwa    anak-anak    mereka    tidak    akan menikmati perkembangan akal yang  sempurna  yang merupakan pemberian    dari Allah,  kecuali jika mereka mendapat  pendidikan akal, dan Jika mereka    mendapat  kesempatan yang  cukup di  rumah, keluarga, sekolah, dan    masyarakat pada umumnya untuk membuka mengembangkan,    menumbuhkan, dan menggarap    kesediaan-kesediaan,    bakat-bakat,    minat,    dan  kecakapan-kecakapan intelektual anak-anak tersebut.

  1. Pendidikan  Psikologikal  dan  Emosi
Di antara  bidang-bidang di mana keluarga dapat  memainkan peranan    penting    adalah    pendidikan    psikologikal    dan    emosional. Melalui    pendidikan    itu    keluarga    dapat    menolong    anak-anaknya dan    anggota-anggotanya   secara    umum    untuk    menciptakan    pertumbuhan    emosi    yang    sehat,    menciptakan    kematangan    emosi yang    sesuai    dengan    umumya,    menciptakan    penyesuaian    psikologikal    yang    sehat    dengan    dirinya    sendiri    dan    dengan    orang lain di    sekelilingnya.    Begitu    juga    dengan    menumbuhkan emosi    kemanusiaan    yang    mulia,    seperti    cinta    kepada    orang      lain,  mengasihani   orang  lemah    dan   teraniyaya,    menyayangi dan mengasihani    orang    fakir-miskin,    kehidupan    emosi    yang    rukun dengan    orang-orang    lain    dan    menghadapi    masalah-masalah    psikologikal    secara    positif    dan    dinamis.   
Pentingnya    peranan    keluarga    dalam    pendidikan    ini    adalah karena    ia    melibatkan    kanak-kanak    dalam    tahap    awal    hidupnya, di mana  hubungan-hubungan    dan    pengalaman-pengalaman    sosialnya    belum    cukup    luas,    juga    belum    sanggup    ia    berdikari    untuk menanggapi    suasana    di sekelilingnya.    Oleh    karena    sejauh    yang    dapat    dicapai    oleh    kanak-kanak    dalam    penyesuaian psikologi    dan    kematangan    emosi    pada    tingkat    awal    hidupnya, maka    masa    depan    psikologinya    sebanyak    itulah    pada    kehidupannya    di kemudian    hari.    Peranan    keluarga    pada    pendidikan    psikologi    tidak    terbatas    pada    tingkat    kanak-kanak    saja,    tetapi    meliputi keseluruhan    hidupnya. Langkah    pertama    yang    harus    diambil    oleh    keluarga    untuk mendidik    dan    memelihara    anak-anaknya    dari    segi    psikologi    adalah mengetahui    segala    keperluan    psikologi    dan    sosialnya,    serta    mengetahui    kepentingan    cara-cara    memuaskannya    untuk    mencapai penyesuaian    psikologi    bagi    kanak-kanak    tersebut.    Begitu    juga harus    mengetahui    kepentingan    cara-cara    memuaskannya    untuk mencapai    penyesuaian    psikologi    bagi    kanak-kanak    tersebut. Begitu    juga    mengetahui    gejala-gejala    dan    sifat    pemuasannya    atau ketidak    puasannya    dalam    tingkah    laku    kanak-kanak.    Juga    harus diusahakan    untuk    memberi    kesempatan    bergerak    dan    cara-cara bergaul    yang    akan    menolong    ia    memuaskan    kebutuhan    tersebut supaya    jangan    mereka    merasa    tidak    tenteram    dan    juga    merasa tidak    mendapat    perhatian    dan    penghargaan.    Juga    jangan    digunakan cara-cara    ancaman,    kekejaman    dan    siksaan badan.[7]
Di samping itu jangan ditimbulkan    rasa    diabaikan,    kekurangan    dan    kelemahan.    Begitu juga    jangan    dilukai    perasaan    mereka    dengan    kritikan    tajam,    ejekan, cemoohan,    menganggap    enteng    pendapat,    membandingkan    antara  ia    dengan    anak-anak  tetangga  dari    kaum    kerabat.
Di antara    cara-cara    yang    dapat    digunakan    oleh    keluarga untuk mendidik anak-anaknya dari segi psikologi adalah bahwa ia memberi mereka    segala    peluang  untuk   menyatakan   diri,  keinginan, pikiran    dan    pendapat mereka dengan sopan  dan hormat. Di samping menolong mereka    berhasil dalam pelajaran dan menunaikan  tugas yang dibebankan kepadanya.
Semua cara-cara di atas telah dibuktikan  oleh penemuan-penemuan    penelitian-penelitian dalam psikologi  dan  pendidikan dan diterima oleh    logika yang  waras, Juga dikuatkan  oleh ajaran agama yang bertujuan untuk    menanamkan  rasa tenteram, harapan dan kepercayaan diri dan    menguatkan    unsur    kebenaran,   kebaikan,  keadilan    dan    persamaan.    Ajaran    ini    mengejar manusia untuk beriman  kepada Allah,  hari   akhirat, qadha  dan    qadar,  berharap kepada  ampunan dan pertolongannya dan    mernperlakukan    anak-anak    dengan    baik    dan    berbuat    adil    kepada    mereka
4.      Pendidikan  Agama  Bagi  Anak.
Pendidikan agama sesungguhnya adalah pendidikan untuk pertumbuhan total seorang anak.[8]Pendidikan    agama    dan    spiritual    termasuk bidang-bidang pendidikan    yang    harus    mendapat    perhatian    penuh    oleh  keluarga terhadap    anak-anaknya.    Pendidikan    agama    dan    spiritual  ini berarti membangkitkan  kekuatan dan kesediaan spiritual yang    bersifat naluri    yang    ada    pada    kanak-kanak    melalui    bimbingan    agama    yang sehat dan mengamalkan    ajaran-ajaran    agama dan    upacara-upacaranya. Begitu juga membekalkan kanak-kanak dengan    pengetahuan-pengetahuan agama dan kebudayaan    Islam  yang    sesuai dengan umumnya    dalam bidang-bidang akidah, ibadat, muamalat dan sejarah. Begitu juga  dengan mengajarkan kepadanya cara-cara yang betul untuk menunaikan  syiar-syiar dan kewajiban-kewajiban agama, dan menolongnya    mengembangkan    sikap    agama    yang betul,    yang    termasuk mula-mula sekali adalah  iman   yang    kuat kepada    Allah, malaikatnya, kitab-kitabnya, rasul-rasulnya, hari akhirat, kepercayaan    agama    yang kuat, takut  kepada  Allah, dan selalu  mendapat pengawasan    daripadanya    dalam    segala    perbuatan dan    perkataan.
Di    antara    cara-cara    praktis    yang    patut    digunakan    oleh    keluarga    untuk    menanamkan    semangat    keagamaan    pada    diri   anak-anak    adalah    cara-cara    berikut    :                           
a. Memberi    tauladan    yaing    baik    kepada    mereka    tentang    kekuatan    iman    kepada    Allah    dan    berpegang    dengan    ajaran-ajaran    agama    dalam    bentuknya    yang    sempurna    dalam    waktu    tertentu.
b. Membiasakan    mereka    menunaikan    syiar-syiar    agama    semenjak    kecil    sehingga    penunaian    itu    menjadi    kebiasaan    yang mendarah    daging, mereka    melakukannya    dengan    kemauan    sendiri    dan    merasa    tenteram    sebab    mereka    melakukannya.
e. Menyiapkan    suasana    agama    dan    spiritual    yang    sesuai    di rumah    di mana mereka    berada.
d. Membimbing    mereka    membaca    bacaan-bacaan    agama    yang berguna    dan       memikirkan    ciptaan-ciptaan    Allah    dan    makhluk-makhluknya    untuk    menjadi    bukti    kehalusan    sistem    ciptaan itu    dan    atas    wujud    dan    keagungannya.
e. Menggalakkan    mereka    turut    serta    dalam    aktivitas-aktivitas  agama,    dan    lain-lain.[9]
Ketika    keluarga    menunaikan    hal-hal    tersebut    di    atas,    sebenarnya    ia    menurut    kepada    petunjuk    dari    Al-Qur-an,    Sunnah Nabi SAW dan    peninggalan    Assalaf-Assaleh    yang    semuanya    mengajak    untuk    melaksanakan    pendidikan,    mengharuskan orang    tua mendidik    anak-anaknya    akan    iman    dan    akidah    yang    betul    dan membiasakannya    mengerjakan syari’at,    terutama    sembahyang. Juga    agama    memestikan    mereka    menanamkan    nilai-nilai agama    diri    kebiasaan-kebiasaan    Islam    pada    jiwa    kanak-kanak  dan menyuruh    mereka    menghafal    sebagian    Al-Qur-an,    Sunnah   Nabi s.a.w.    dan    sejarah    sahabat-sahabat  dan Khulafa'a    Al-Rasyidin supaya    mereka    terbimbing    kejalan    yang    lurus.  Rasulullah  s.a.w. bersabda    :    "Hak anak kepada ibu-bapaknya adalah bahwa ibu bapak mengajarkannya    Kitab  Allah S.W.T., memanah,  berenang  dan memberinya  warisan yang    baik",  Juga  Sabda Rasulullah S.A.W. "Ajarkanlah  kepada  anak-anakmu tiga    hal: mencintai Nabi  s.a.w. mencintai keluarga Nabi s.a.w., dan membaca  al    Qur-an.

  1. Pendidikan    Akhlak    Bagi    Anak
Pendidikan    agama    berkaitan    rapat    dengan    pendidikan    akhlak. Tidak    berlebih-lebihan    kalau    kita    katakan    bahwa    pendidikan akhlak    dalam    pengertian    Islam    adalah    bagian    yang    tidak   dapat dipisahkan    dari    pendidikan    agama.    Sebab    yang    baik    adalah    yang dianggap    baik    oleh    agama    dan    yang    buruk    adalah    apa    yang    dianggap    buruk    oleh    agama.    Sehingga    nilai-nilai    akhlak,    keutamaan-keutamaan  dalam masyarakat Islam adalah akhlak dan    keutamaan    yang    diajarkan    oleh    agama.    Sehingga    seorang Muslim    tidak    sempurna    agamanya    sehingga    akhlaknya    menjadi baik.    Hampir-hampir    sepakat    filosof-filosof    pendidikan    Islam, bahwa    pendidikan    akhlak    adalah    jiwa    pendidikan    Islam.   Sebab tujuan    tertinggi    pendidikan    Islam    adalah    mendidik    jiwa    dan akhlak-Keluarga    memegang    peranan    penting    sekali    dalam   pendidikan akhlak    untuk    anak-anak    sebagai    institusi    yang    mula-mula    sekali berinteraksi    dengannya    oleh    sebab    mereka    mendapat    pengaruh daripadanya    atas    segala    tingkah    lakunya.    Oleh    sebab    itu    haruslah keluarga    mengambil berat tentang    pendidikan    ini,   mengajar mereka akhlak    yang    mulia    yang    diajarkan    Islam    seperti kebenaran, kejujuran,    keikhlasan,    kesabaran,    kasih-sayang,    cinta    kebaikan, pemurah,    berani    dan    lain-lain    sebagainya,    Dia   juga    mengajarkan nilai    dan    faedahnya    berpegang    teguh    pada   akhlak    di    dalam    hidup; membiasakan    mereka    berpegang    kepada    akhlak    semenjak    kecil.[10]
Manusia    itu    sesuai    dengan    sifat    asasinya    menerima    nasihat jika    datangnya    melalui    rasa    cinta    dan    kasih    sayang,    sedang    ia menolaknya    jika    disertai    dengan    kekasaran    dan    biadab. Oleh sebab itu di    antara    kewajiban    keluarga  dalam   hal   ini adalah:
a. Memberi  contoh yang    baik    bagi    anak-anaknya    dalam    berpegang.    teguh    kepada    akhlak    mulia.    Sebab    orang    tua    yang tidak    berhasil    menguasai    dirinya    tentulah    tidak    sanggup meyakinkan    anak-anaknya    untuk    memegang    akhlak    yang diajarkannya.    Di    antara    kata-kata    mutiara    yang    terkenal dari    Ali    R-A.    adalah    :    "Medan    perang    pertama    adalah   dirimu sendiri,    jika    kamu    telah    mengalahkannya,    tentu    kamu  akan mengalahkan    yang    lain.    Jika    kalah    di    situ,    niscaya    di  tempat lain    kamu    akan    lebih    kalah.    Jadi    berjuanglah    disitu    lebih dahulu".[11]   
b. Menyediakan    bagi    anak-anaknya    peluang-peluang    dan    suasana praktis    di    mana    mereka    dapat    mempraktekkan    akhlak    yang diterima    dari    orang    tuanya.
c. Memberi    tanggung jawab yang    sesuai    kepada    anak-anaknya supaya    mereka    merasa    bebas    memilih    dalam    tindak-tanduknya.
d. Menunjukkan    bahwa    keluarga    selalu    mengawasi    mereka    dengan    sadar dan    bijaksana.
e. Menjaga    mereka    dari    teman-teman    yang    menyeleweng    dan tempat-tempat    kerusakan,    dan    lain-lain    lagi    cara    di    mana keluarga    dapat   mendidik    akhlak    anak-anaknya.
6.  Pendidikan    Sosial    Pada Anak
Keluarga    belum    melengkapi    tugasnya    dengan    sempuma    dalam    pendidikan    anak-anak    sehingga    ia    menolong    anak-anak    tumbuh  dari    segi    sosial.    Pertumbuhan    sosial    ini    melibatkan    pendidikan  sosial,    ekonomi    dan    politik    yang    mcngatakan  bahwa kesediaan-kesediaan    dan    bakat-bakat    asasi    anak-anak    dibuka    dan dikeluarkan    ke    dalam    kenyataan    berupa    hubungan-hubungan sosial    dengan    orang-orang    sekelilingnya.    Pendidikan    sosial    ini melibatkan    bimbingan    terhadap    tingkah    laku    sosial,    ekonomi dan    politik    dalam    rangka akidah    Islam    yang    betul    dan    ajaran-ajaran serta    hukum-hukum    agama    yang    berusaha    meningkatkan iman,  takwa        kepada    Allah    dan    mcngerjakan   ajaran-ajaran agamanya    yang    mendorong    kepada    produksi,    menghargai    waktu, jujur,    ikhlas    dalam    perbuatan,    adil,    kasih    sayang,    ikhsan,    mementingkan orang lain,  tolong    menolong,    setia    kawan,   menjaga kemaslahatan    umum,    cinta    tanah    air    dan    lain-lain    lagi    bentuk akhlak    yang mempunyai    nilai    sosial. Di    antara    cara-cara    yang    patut    digunakan    oleh    keluarga    dalam mendidik    anak-anaknya    dari    segi    sosial,    politik  dan    ekonomi adalah    :
a. Memberi contoh    yang    baik    kepada    anak-anaknya dalam    tingkah laku  sosial yang    sehat    berdasarkan    pada    prinsip-prinsip    dan nilai-nilai    agama.
b. Menjadikan    rumah    itu    sebagai    tempat   tercipta    hubungan hubungan    sosial    yang    berhasil.
c. Membiasakan    anak-anaknya    secara    berangsur-angsur   berdikari    dan   memikul  tanggung jawab    dan    membimbingnya jika    mereka    bersalah    dengan    lemah    lembut.
d. Menjauhkan    mereka    dari    sifat    manja    dan    berfoya-foya    dan jangan   menghina    dan    merendahkan    mereka    dengan    kasar sebab    sifat    memanjakan    dan    kekasaran    itu    merusak    kepribadian anak-anak.
e. Memperlakukan    mereka    dengan    lemah    lembut    dengan    menghormatinya    di  depan    kawan-kawannya    tetapi    jangan    melepaskan    kekuasaan    kebapaan    mereka    terhadap    anak-anaknya,
f.  Menolong    anak-anaknya    menjalin    persahabatan    yang    mulia dan    berhasil, sebab    "manusia    turut    menjadi    baik    karena berkawan    dengan    orang    saleh".    Seperti    kata    pepatah.
g. Menggalakkan    mereka    mendapatkan    kerja    yang    dapat    menolong    mereka    berdikari    dari segi    ekonomi    dan    emosi.
h. Membiasakan    mereka    hidup    sederhana    supaya    lebih    bersedia menghadapi    kesulitan    hidup    sebelum    terjadi.
i.  Bersifat    adil    di    antara    mereka.
j.  Membiasakan    mereka    cara-cara    Islam    dalam    makan,    minum, duduk,    tidur,    memberi    salam,    berziarah,    masuk    rumah    yang telah    didiami    orang    dan    lain-lain    lagi    kegiatan    hidup.[12]
Di    antara    yang    disebutkan    Ibnu    Maskawih  dalam    mendidik    kepada    anak-anak    dan    remaja    adalah    :    "Jiwa    kanak-kanak itu    sederhana    belum    ditulisi    sesuatu,    belum    punya    pendapat    dan keputusan    dari    suatu    kepada    yang    lain,    Jika    diukir    suatu    gambaran dan    diterimanya,    maka    ia    akan    membawanya    sampai    besar    dan menjadi    kebiasaan    baginya". Sepatutnyalah    jiwa    serupa    ini    selalu    diingatkan    supaya mencintai.    harga    diri,    terutama    apa    yang    berkenaan    dengan    agama bukan    harta,    supaya    ia menetapi    aturan-aturan    dan    fungsi-fungsinya.  Kemudian    dipujilah    orang-orang    baik    ketika    ia    berada    dan    ia sendiri    dipuji    jika    menunjukkan    sesuatu    yang    baik.    Dia haruslah dilarang    membuat    hal    tercela    begitu    nampak    olehnya    hal-hal keji.    Dia    juga    dicela    bila    menginginkan    makanan-makanan,    minuman-minuman dan pakaian-pakaian mewah. Di motivasi agar  ia    mengutamakan    orang    lain    atas    dirinya    dalam    makanan,  dan  qanaah (merasa cukup pada apa yang sudah dikaruniai Allah)    dengan    sesuatu    yang    sederhana,    dan    jangan    terlalu    loba    untuk    mencarinya.[13]   
Dia    juga    diajarkan    bahwa    orang    yang    paling    utama    menggunakan    pakaian-pakaian    berwarna-warni    dan    berukir    adalah    kaum wanita". "Kanak-kanak    pada    permulaan    perkembangannya    pada umumnya    buruk    perbuatan.    Kemudian    setelah    diajar    dan    bertambah    tua    dan    pengalaman    ia    berobah    dari    suatu keadaan    kepada keadaan    lain.    Kemudian    disuruh    ia    menghafal    cerita-cerita    dan syair-syair    yang    sesuai    dengan    kebiasaannya    dalam    hidupnya dengan    sopan". "Kemudian    ia    dipuji    atas    setiap    akhlak    baik    dan    perbuatan baik    yang    dibuatnya    kemudian    ia    dimuliakan    karenanya.    Jika ia    berlainan    daripada    yang    disebutnya    pada    pertama    kalinya maka    ia    tidak    dicerca    dan    dibuka    rahasianya    bahwa    ia    telah    memperbuatnya.    Tetapi    dilupakan    saja    seakan-akan    tidak    terjadi apa-apa  terutama  kalau    kanak-kanak    itu    menutup-nutupinya dan    berusaha    menyembunyikan    apa    yang    diperbuatnya    kepada manusia,    tetapi    kalau    ia    berbuat    lagi    maka    ia    dicerca    secara    rahasia  dan    diancam    jika    ia    membuatnya    lagi.    Sebab    jika    engkau    membiasakan    ia    mendengar    rencana    dan    membuka    rahasia    engkau    telah menyebabkan    ia    bersifat    nakal    dan    menggalakkan    ia    mengulangi perbuatan    yang    dianggapnya    buruk,    sehingga    ia    mudah    mendengar cercaan    untuk    mengerjakan    keburukan-keburukan    seperti    kelezatan-kelezatan    yang    diingini    oleh    dirinya". "Yang    pertama    harus    dibuatnya    adalah    sopan-santun    makan,  sebab    itu    hanya    dimaksudkan    untuk    kesehatan    bukan    untuk kelezatan.    Hendaklah    dicerca    orang    yang    memandang    kepadanya dengan    serakah    atau    mengambil    lebih    daripada    yang    diperlukan oleh    badannya    atau    tidak    sesuai    dengannya.  Jangan    cepat-cepat ia    makan    dan    mengikutkan    suapan    demi    suapan    dengan    cepat. Jangan    ia    menelan    suapan    itu    sebelum    dikunyahnya    baik-baik. Jangan    ia    mengotori    tangan,    pakaian    dan    orang-orang    makan    sama dengannya    dan    mengikutkan    pandangan    kepada    tempat    tangannya mengambil makanan". "la    juga    dibiasakan    jangan    menelanjangi    anggota-anggotanya    dan    jangan    cepat-cepat    berjalan    dan    jangan    membelakangkan tangannya, tetapi diletakkan ke depan  dadanya.  Hendaklah    ia jangan barbangga    dengan    harta    kekayaan    orang-tuanya    kepada    kawannya,    begitu juga    dengan    pakaian    dan    lain-lain    sebagainya."[14]

  1. Pendidikan Seks Pada Anak
Elisabeth Lukas, seorang logoterapis kondang, sebagaimana disitir oleh Hanna Djumhana Bastaman mengatakan: salah satu prestasi penting dari proses modernisasi di dunia Barat, yakni melepaskan diri dari berbagai belenggu tradisi yang serba menghambat, sekaligus berhasil meraih kebebasan (freedom) dalam hampir semua bidang kehidupan.[15] Di antaranya, yaitu pertama, “kebebasan seks dan peluang untuk melakukannya ternyata menjadikan fungsi hubungan seks bukan sebagai ungkapan cinta kasih melainkan sebagai tuntutan dan keharusan untuk berhasil meraih puncak kenikmatan; kedua, makin sering terjadi gangguan fungsi seksual pada pria dan wanita dewasa”.[16]
Pernyataan di atas menjadi indikator bahwa selama ini telah terjadi penyimpangan seks. Masalah penyimpangan seks telah terjadi sejak manusia ada, yakni sejak Nabi Adam, manusia pertama, diciptakan Allah. Nabi Adam diciptakan Allah untuk menghuni surga Firdaus, tempat segala kenikmatan. Semua keinginan yang terbersit di benak Adam, langsung terwujud. Allah memang sudah memuliakannya karena memiliki kelebihan di antara makhluk Allah yang lain. Namun, lama kelamaan ada rasa hampa dalam dirinya. Walaupun semua kenikmatan sudah didapatkannya, ada sesuatu yang membuat kenikmatan itu terasa belum sempurna.
Allah Maha tahu, Adam membutuhkan seorang teman, bahkan lebih dari sekadar teman. Oleh karena itu, melalui tulang rusuk Adam, diciptakanlah seorang manusia dengan jenis kelamin yang berbeda. Dia adalah Siti Hawa. Dengan hadirnya Hawa, sempurnalah kebahagiaan Adam. Salah satu kebahagiaan itu adalah kenikmatan hubungan seksual. Kenikmatan inilah yang kemudian melahirkan manusia-manusia penghuni bumi.
Di antara anak mereka yang sering disebut adalah Habil dan Qabil. Atas perintah Allah anak-anak Adam yang sepasang-sepasang dikawinkan secara silang. Namun, ternyata ada yang tidak bisa menerima keputusan tersebut, yaitu Qabil. Qabil lebih menyukai istri Habil yang cantik. Setelah kurbannya tidak diterima Allah, timbul iri hati Qabil pada Habil. Dengan niat ingin memiliki istri Habil, dibunuhlah saudaranya itu. Nafsu seksual Qabil telah membutakan mata hatinya sehingga tega membunuh adiknya sendiri.
Sejarah manusia yang berhubungan dengan kehidupan seksual di abadikan dalam al Qur'an di antaranya riwayat Nabi Yusuf as. Yusuf adalah seorang pria yang tampan rupawan. Ia mengabdikan diri pada seorang pejabat tinggi di kerajaan Mesir. Istri pejabat tinggi yang bernama Zulaikha itu tergila-gila melihat ketampanan Yusuf. Pada sebuah kesempatan, dirayunya Yusuf untuk melayani nafsu birahinya. Sebagaimana firman Allah dalam Surat Yusuf ayat 23:
Artinya: Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu seraya berkata: “marilah kesini.” Yusuf berkata: aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku (suami Zulaikha) telah memperlakukan aku dengan baik. Sesungguhnya orang-orang yang dzalim tidak akan beruntung.[17]

Yusuf yang lebih takut kepada Allah daripada majikannya itu jelas menolak ajakan Zulaikha. Ketika meninggalkan kamar, baju belakang Yusuf sempat ditarik Zulaikha hingga sobek. Pada saat itu, tepat di depan pintu muncul tuannya. Zulaikha kemudian memfitnah Yusuf bahwa Yusuflah yang berusaha memperkosanya. Walaupun sudah berargumen dengan menunjukkan baju belakangnya yang sobek (suatu tanda bahwa Zulaikha yang menginginkan perbuatan itu), Yusuf tetap dijebloskan ke dalam penjara. Kisah ini merupakan contoh pengaruh nafsu seksual yang bisa membuat seseorang lupa diri dan mencelakakan orang lain.
Banyak kisah para penguasa yang terjadi dari zaman kuno, pertengahan, hingga zaman modern yang selalu menampilkan tokoh wanitanya. Para penguasa zaman dahulu, baik kaisar, raja, bupati maupun kepala suku tidak ada yang hanya mempunyai satu istri. Jika tidak berpoligami, para penguasa ini pasti mengambil selir-selir yang barangkali sering tidak tampak di istananya. Peperangan, permusuhan dan intrik politik tidak lepas dari masalah seks dengan wanita sebagai pemegang peranan penting, walaupun kadang-kadang berada di belakang layar. Kehidupan free sex atau seks bebas atau pergaulan bebas yang memang sudah ada sejak dulu kemudian melahirkan penyimpangan-penyimpangan, seperti hidup bersama tanpa nikah, hamil diluar nikah, homoseks / lesbian, pelacuran (prostitusi).
Seperti yang dinyatakan Dadang Hawari bahwa:
Pada Mei 1995 lalu dalam konferensi tahunan dari The Amirican Psychiatric Association di Miami, ada sebuah lokakarya dengan judul Family Crisis. Hasil dari sebuah penelitian / statistik menyebutkan bahwa dalam tiga puluh tahun terakhir ini 60% keluarga di Amerika Serikat berakhir dengan perceraian, dan 70% dari anak-anaknya berkembang tidak sehat baik secara fisik, mental, maupun sosial. Selanjutnya dikemukakan bahwa angka perceraian semakin meningkat, pernikahan semakin menurun karena banyak orang memilih hidup bersama tanpa nikah dan free sex. Ketidaksetiaan (penyelewengan) dikalangan keluarga-keluarga di AS juga cukup tinggi. Disebutkan: 75% para suami dan 40% istri-istri di AS juga menyeleweng.[18]

Disamping itu Nasruddin Razak mengatakan bahwa :
Dengan terlepasnya kontrol agama terhadap perkembangan ilmu dan masyarakat, dunia Eropa dan Amerika dilanda moral baru. Pergaulan bebas yang mutlak, hubungan seksuil di luar perkawinan dan kelahiran bayi-bayi yang tidak punya ayah yang jelas terjadi demikian hebatnya. Hal mana terjadi sejak dari tingkatan rendah sampai ke cabang atas, dari mereka yang masih gadis sejak umur sepuluh tahun sampai kepada mereka yang telah berumah tangga, sudah kawin. Jelaslah, bahwa kemajuan ilmu dan teknologi Barat, bukanlah karena agama mereka, tapi karena jiwa ilmiah semata.[19]

Sedangkan H. Ali Akbar mengatakan:
Pada generasi dahulu orang Amerika menghargai “perawan”, tidak ada seorang wanita terhormat, berapapun umurnya melakukan hubungan seks dengan orang lain, selain dengan suaminya. Sekarang keadaan sudah berubah, banyak di sekolah tinggi pengaturan hidup dengan pilihan bebas mengizinkan “kebebasan seksual” tanpa pengaturan resmi (hidup bersama / bebas tanpa kawin). Hampir semua pemuda sekarang menerima seks sebagai bagian hidup alami, mereka mengakui bahwa wanita menyukai dan membutuhkan aktivitas seksual sama dengan pria.  Dan mereka percaya, bahwa cara orang dewasa mengatakan perasaan mereka timbal balik adalah soal mereka, bukan soal siapapun. Menurut kalangan ilmiah, cara berfikir seperti ini adalah sehat dan pendekatan masalah seks terbuka sekarang ini adalah tidak lebih wajar.[20]

Terjadi pergeseran nilai seperti ini, membuat masyarakat semakin resah terutama di kalangan orang tua dan para pendidik. Di mana melihat anak-anak bergaul dengan bebas bersama lawan jenisnya. Panti pijat bertambah banyak, pelacuran-pelacuran gentanyangan. Akhirnya banyak korban berjatuhan; hamil sebelum nikah, bayi-bayi lahir tanpa ayah atau orang-orang kena penyakit hubungan seks (PHS).
“Dilaporkan dalam majalah bulanan Readers Digest, bahwa di Amerika setiap tahun lahir 200 ribu anak tanpa ayah resmi. Generasi muda Amerika sudah tidak memandang, bahwa keperawanan tidak lagi penting atau menjadi ukuran suatu perkawinan”.[21]
Gejala-gejala tingkah laku seksual yang bebas, tidak dapat dipungkiri lagi kehadirannya telah merusak kaum muda bahkan dikalangan orang tuapun dan anak-anak dibawah umur menunjukkan demikian. Apalagi kalau ditelusuri jaringan-jaringannya  melalui media-media massa dan elektronik lainnya seperti film-film, majalah, foto-foto dan buku-buku porno sudah bukan rahasia lagi. Kata Sarlito Sarwono, diakui bahwa di ibukota penyimpangan seks sering timbul pada remaja karena pengetahuan mereka tentang seks lewat media massa. Menurut analisa yang diperolehnya 50% kaum remaja di kota-kota besar lebih cepat mengetahui tentang seks lewat buku dan majalah.[22]
Gejala-gejala tingkah laku seksual yang bebas, tidak dapat dipungkiri lagi. Semula masalah seks ini merupakan soal pribadi orang-orang tua (suami istri) lalu pudar menjadi masalah masyarakat. Mereka merasa bingung bagaimana cara menanggulanginya, memberi informasi tentang seks terhadap anak-anaknya agar ia tidak terjerumus ke lembah hitam yang penuh dosa dan noda.
Dari uraian di atas tampaklah letak pokok masalahnya yaitu bagaimana upaya pencegahannya, agar free sex berikut implikasinya tidak semakin berkembang? Dalam hal ini salah seorang guru besar pada fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yaitu H. Dadang Hawari dalam bukunya, dengan mengutip pendapat Stinnet dan John DeFrain, membuat enam rumusan. Keenam rumusan tersebut adalah :
  1. Kehidupan beragama dalam keluarga
  2. Waktu bersama antar anggota keluarga
  3. Komunikasi yang baik antar anggota keluarga
  4. Saling harga menghargai sesama anggota keluarga  
  5. Keluarga sebagai unit sosial terkecil dalam masyarakat hendaknya erat dan kuat, tidak longgar dan rapuh
  6. Bila menghadapi “krisis” hendaknya masing-masing pasangan dapat menahan diri, mampu menyelesaikan saecara positif dan konstruktif.[23]
Berdasarkan pada uraian di atas, maka pendidikan seks pada anak hartus ditanamkan sejak dini. Sehingga anak menjadi tahu dampak positif dan negatifnya seks, serta akan menjadi tahu seks mana yang sesuai dan yang menyimpang dari Islam.



[1] Jalaluddin Rakhmat dan Muhtar gandaatmaja (penyunting), Keluarga Muslim Dalam Masyarakat Modern, cet 2, PT.Remaja Rosdakarya Bandung, 1994, hlm.58. , 
[2] Ramayulis, Pendidikan Islam  dalam Rumah Tangga, cet 4, Kalam Mulia, Jakarta, 2001, hlm.81.
[3] Ahmad Tafsir (editor), Pendidikan Agama Dalam Keluarga, cet 4,  PT.Remaja Rosdakarya Bandung, 2002, hlm43.
[4]  Hasan Langgulung, Pendidikan Islam : Suatu Analisa Sosio Psikologikal, Pustaka Antara, 1979, hlm. 76.
[5] Jalaluddin, Psikologi Agama, cet 8, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004, hlm.63.
[6] Hanna Djumhana Bastaman, Integrasiu Psikologi Dengan Islam  Menuju Psikologi Islami, cet 2, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1997, hlm.163.
[7] Zakiah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, cet 16, Bulan Bintang, Jakarta, 2003, hlm.46
[8] Nurcholis Madjid, Masyarakat Religius, cet 2, Paramadina, Jakarta, 2000, hlm.93.
[9] Jalaluddin Rakhmat dan Muhtar gandaatmaja (penyunting), Keluarga Muslim Dalam Masyarakat Modern, cet 2, PT.Remaja Rosdakarya Bandung, 1994, hlm.119. 

[10] Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf, cet 4, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002, hlm.169.
[11] Asmaran, AS, Pengantar Studi Akhlak, cet 3, PT.Raja Grapindo Persada, Jakarta, 2002, hlm.185.
[12] Muhammad Zain Yusuf, akhlak Tasawuf, Al-Husna Semarang, 1993, hlm.49.
[13] Ibn Miskawaih, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Mizan, tth, hlm.147.
[14] Ibid
[15] Hanna Djumhana Bastaman, Integrasi Psikologi Dengan Islam, menuju psikologi islami, Pustaka pelajar, Yogyakarta, 1995, hlm. 192.
[16] Ibid.
[17] Departemen Agama RI, al Qur'an dan Terjemahannya, Surya Cipta Aksara, Surabaya 1993.
[18] H. Dadang Hawari, al Qur'an, Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa, Cet. VII, PT. Dana Bhakti Primayasa, Yogyakarta, 1998, hlm. 109 -110.
[19] Nasruddin Razak, Dienul Islam, Cet. IX, Al Ma’arif, Bandung, 1986, hlm. 30.
[20] H. Ali Akbar, Merawat Cinta Kasih, Pustaka Antara, Jakarta, 1971, hlm. 79 - 80
[21] Ibid.
[22] BKKBN, Opini, No. 2. Th. 1, BKKBN, Jakarta, 1984, hlm. 19.
[23] H. Dadang Hawari, Op.Cit, hlm. 111.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar