Rabu, 27 Agustus 2014

Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah

"+"

EVALUASI
PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH


Pendidikan adalah upaya sadar dan tanggung jawab untuk memelihara, membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan kehidupan manusia, agar ia memiliki makna dan tujuan hidup yang hakiki.[1] Sebagai suatu proses, pendidikan bertujuan untuk menimbulkan perubahan-perubahan perilaku yang meliputi pengetahuan, kecakapan, pengertian, sikap, ketrampilan dan sebagainya.
Azizy berpendapat bahwa esensi pendidikan yaitu adanya transfer nilai, pengetahuan, dan ketrampilan dari generasi tua kepada generasi muda agar generasi muda mampu hidup. Oleh karena itu, ketika kita mengaitkannya dengan pendidikan Islam, maka akan mencakup dua hal, yaitu mendidik siswa untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai atau akhlak Islam dan mendidik siswa untuk mempelajari materi pelajaran ajaran Islam.[2]
Sedangkan UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan Nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.[3] Guna mencapai tujuan pendidikan nasional maka di lembaga-lembaga pendidikan baik di tingkat dasar, menengah atas maupun di perguruan tinggi perlu ada Pendidikan Agama.
Pendidikan Agama Islam di sekolah merupakan usaha seorang guru mendidik siswanya meyakini, memahami dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau pelatihan yang telah ditentukan mencapai  tujuan yang telah ditetapkan.[4] Adanya Pendidikan Agama Islam diharapkan siswa melalui pengalaman belajarnya dapat mengetahui, mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam pada kehidupan sehari-hari.
Untuk mengetahui perubahan perilaku siswa meliputi pengetahuan, kecakapan, pengertian, sikap ketrampilan dan sebagainya, seorang guru perlu melakukan kegiatan penilaian hasil pengalaman belajar siswa, oleh karena itu  penilaian sebagai titik sentral dalam proses belajar mengajar.
Fungsi penilaian yaitu sebagai perbaikan program pembelajaran dan membantu siswa untuk merealisasikan dirinya dalam mengembangkan perilakunya serta mendorong motivasi belajar siswa yaitu dengan cara mengenal kemajuan sendiri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan apabila ditemukan beberapa kelemahan dan kegagalan. Guru harus terus menerus memotivasi siswa agar hasil belajarnya meningkat. Jadi dari hasil penilaian berbasis kelas guru maupun siswa dapat melakukan perbaikan belajar dan melalui umpan balik inilah seluruh pihak yang berkepentingan baik kepala sekolah, guru dan siswa pada proses pembelajaran akan menjadi lebih efisien dan efektif.[5]
Untuk menilai proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, juga dapat menggunakan penilaian berbasis kelas yang dapat dilakukan oleh guru secara terus-menerus dan terpadu pada kegiatan pembelajaran yaitu dengan pengumpulan kerja peserta didik (portofolio), hasil karya (product), penugasan (project), kinerja (performance), tindakan (action), dan tes tertulis (objektif dan subjektif).[6] Penilaian berbasis kelas berguna bagi guru dapat mengetahui perkembangan kemampuan siswa baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik pada pembelajaran agama di sekolah.




[1] Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2004), Cet. IV, hlm. 195.
[2]Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004), Cet. I, hlm. 131.
[3] UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional, hlm. 6.
[4] Abdul Majid, Dian Andayani, Ibid., hlm. 132.
[5] Sumarna Surapranata dan Muhammad Hatta, Penilaian Berbasis Kelas; Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2006, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), hlm. 15.
[6] Pedoman PAI untuk Sekolah Umum Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah dan PAI pada Sekolah Umum 2004, hlm. 47.

1 komentar:

  1. Casino Player Reviews: The Rundown Of The Real Money Casinos
    The 안양 출장안마 Rundown 인천광역 출장안마 Of The Real 경산 출장마사지 Money Casinos. What's the Rundown Of The Real Money 포천 출장샵 Casinos? Is there 밀양 출장안마 any such thing as a gambling site,

    BalasHapus